NGBdMqJaNaFbNatdMWVbLWR4MDcsynIkynwbzD1c

SMP Negeri 2 Kandat Melaksanakan Aksi Bergizi

BLANTERLANDINGv101
1606433523804128295

SMP Negeri 2 Kandat Melaksanakan Aksi Bergizi

Jumat, 03 Februari 2023
SMP Negeri 2 Kandat Melaksanakan Aksi Bergizi
Jumat, 03 Februari 2023


Jumat 3 Februari 2023 dilaksanakan Kegiatan AKSI BERGIZI sebagai implementasi kebijakan pemerintah tentang percepatan penurunan stunting pada intervensi spesifik makan. Kegiatan berupa aktivitas sarapan makanan bergizi bersama dan juga konsumsi tablet tambah darah pada siswi putri.


Sekilas di Balik Layar Kegiatan  Aksi Bergizi

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut. Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi anemia pada anak usia 5-14 tahun sebesar 26,8% dan pada usia 15-24 tahun sebesar 32%. Hal ini berarti sekitar 3 dari 10 anak di Indonesia menderita anemia.

Menanggulangi hal tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui pendidikan gizi seimbang, fortifikasi pangan, dan suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD). Suplementasi TTD mulai dilaksanakan pada tahun 2015 dengan minum TTD 1 tablet per minggu sepanjang tahun bagi remaja putri usia 12–18 tahun yang berada di jenjang pendidikan SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Walaupun pemberian TTD pada remaja putri sudah dilakukan, prevalensi anemia masih cukup tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kurangnya kepatuhan remaja putri dalam mengonsumsi TTD. Hasil Riskesdas 2018, menunjukkan bahwa proporsi remaja putri yang memperoleh TTD dalam 12 bulan terakhir di sekolah sebesar 76,2%, tetapi hanya 1,4 % yang mengonsumsi TTD sesuai anjuran.

Berangkat dari kondisi tersebut Remaja sekarang menginisiasi kegiatan Aksi Bergizi dan mulai melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun 2023 di Kecamatan Kandat melalui sekolah sekolah terdekat.

Ayo dukung Aksi Bergizi karena..Cegah Stunting Itu Penting 
dan Aksi Bergizi Bikin Glowing



Kegiatan Aksi Bergizi dilaksanakan dengan tiga intervensi utama, yaitu 
(1) Sarapan dan Minum TTD bersama di sekolah
(2) Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat
      dan aktivitas fisik; serta 
(3) Komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif. Implementasi program
      AksiBergizi tentunya diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan
      kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.



Aktivasi Gerakan Aksi Bergizi

Sejalan dengan hasil intervensi tersebut, Gerakan Aksi Bergizi diyakini menjadi salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting.

Kegiatan ini melibatkan lintas sektor terkait di tingkat pusat dan daerah serta seluruh warga sekolah.
Selama pelaksanaan kegiatan, sekolah didampingi oleh Puskesmas setempat melakukan pemeriksaan/skrining Hb bagi kelas 7, 8 dan 9. Pemeriksaan Hb ini diharapkan dapat dilakukan secara berkala untuk memantau jumlah kasus anemia pada remaja putri.

Rangkaian acara Aksi Bergizi terdiri dari olahraga ringan, sarapan pagi bersama, minum TTD dan mengisi aplikasi CERIA bersama.

Acara tersebut tentunya tidak berhenti pada hari itu saja, tetapi diharapkan dapat berjalan rutin dan berkala sesuai kesepakatan dan kesediaan dari masing-masing sekolah. Oleh karena itu, peran pimpinan sekolah, guru, orang tua, murid, dan seluruh warga di sekitar sekolah sangat penting.

Tidak hanya berhenti di sekolah ini saja, kegiatan Aksi Bergizi diharapkan juga dapat dilaksanakan di seluruh SMP/SMA/sederajat di kawasan Kecamatan Kandat. Seluruh sekolah diharapkan ikut melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi secara rutin sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri. Tentunya, keberhasilan Aksi Bergizi ini perlu didukung oleh keterlibatan dan kolaborasi dari lintas sektor.

Berbarengan dengan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah, kegiatan Aksi Bergizi juga disebarluaskan melalui berbagai media sosial dengan tagar hashtag Cegah Stunting Itu Penting dan Aksi Bergizi Bikin Glowing. Kampanye ini diharapkan dapat memotivasi remaja untuk mengkonsumsi TTD setiap minggu serta mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani, seperti telur, ayam, daging, ikan, dll.




 Foto

Anggun Tri Cahyaningtyas, SIIP.


GELORA JAYA WIYATA
SPENDAKA BERPRESTASI
Sehat - Karakter Kuat - Prestasi Hebat






iklan banner

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang