NGBdMqJaNaFbNatdMWVbLWR4MDcsynIkynwbzD1c

Latihan Manasik Haji

BLANTERLANDINGv101
1606433523804128295

Latihan Manasik Haji

Jumat, 29 Juli 2022
Latihan Manasik Haji
Jumat, 29 Juli 2022



Pada bulan Syawal sampai Dzulhijjah, seluruh umat muslim di seluruh dunia melaksanakan rukun Islam ke lima yaitu ibadah haji bagi yang mampu. Mampu yang dimaksud meilputi : mampu fisik, harta dan mampu transportasinya. Haji merupakan kegiatan menyengaja mengunjungi kakbah untuk melakukan amal ibadah dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.
Pelaksanaan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu. Salah satu materi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat sekolah menengah pertama adalah haji dan umrah. Sebagai penguatan teori yang telah dipelajari, maka perlu dilaksanakan praktik haji dan umroh.Praktik haji dan umrah ini menggunakan metode pembelajaran demonstrasi.

Demonstrasi adalah metode pembelajaran dengan cara memperagakan secara langsung atau melalui media pembelajaran yang relevan dengan materi atau pokok bahasan. Praktik manasik haji umrah melalui metode demonstrasi dapat menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang mendukung peserta didik untuk lebih memahami pelaksanaan haji dan umrah.
Pelaksanaan manasik haji ini, diterapkan oleh guru PAI di SMPN 2 Kandat. Kegiatan manasik haji tersebut turut melibatkan guru-guru di SMPN 2 Kandat yang mendampingi jalannya manasik haji, dan dipandu oleh guru mata pelajaran PAI. Sebelum pelaksanaan manasik haji dimulai, guru akan memberi pengantar dan membangun suasana yang menyenangkan.

Hal ini dilakukan agar dalam proses pelaksanaannya para peserta didik tidak tegang dan tetap khusyuk mengikuti pembelajaran. Manasik haji umrah bertujuan untuk mengenalkan tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umroh kepada peserta didik. Selain itu, melalui manasik haji dapat menumbuhkan dan meningkatkan keinginan peserta didik untuk melaksanakan haji ke tanah suci.

Dalam pelaksanaan manasik haji, peserta didik juga dapat merasakan pengalaman nyata haji mulai dari ihram, wuquf, tawaf, sa’i, tahalul dan tertib. Adapun hasil pembelajaran dari materi ini, kemampuan peserta didik mengalami peningkatan.


Foto : Anggun Tri Cahyaningtyas, S.IIP.



SPENDAKA - GELORA JAYA WIYATA
SEHAT, KARAKTER KUAT, PRESTASI HEBAT






iklan banner

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang