NGBdMqJaNaFbNatdMWVbLWR4MDcsynIkynwbzD1c

Apel Pagi dan Halal Bi Halal Setelah Libur Hari Raya Idul Fitri

BLANTERLANDINGv101
1606433523804128295

Apel Pagi dan Halal Bi Halal Setelah Libur Hari Raya Idul Fitri

Senin, 09 Mei 2022
Apel Pagi dan Halal Bi Halal Setelah Libur Hari Raya Idul Fitri
Senin, 09 Mei 2022


Kandat,  Hari pertama masuk sekolah setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H diisi dengan kegiatan Apel Pagi dan halal bihalal. Acara Apel halal bihalal merupakan tradisi tahunan yang di selenggarakan pihak sekolah, mulai tingkat SD maupun SMP dan SMA/SMK.

Salah satunya dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kandat yang dilaksanakan hari senin, 9 April 2022. Suasana sumringah terlihat dari siswa-siswa setelah Masuk pertama setalah lebaran, Kegembiraan terlihat dari siswa-siswi SMP Negeri 2 Kandat yang mengikuti Apel Pagi.

Apel Pagi di laksanakan di Halaman sekolah tepatnya di halaman upacara yang di laksanakan pukul 07.00 Wib. Apel dilaksanakan guna mengganti Upacara bendera yang di lakukan setiap hari senin. meskipun sudah lama tidak melaksanakan Upacara bendera di karenakan pada masa Pandemi, akan tetapi Apel kali ini tetap khidmat dan penuh kedisiplinan.

Setalah Apel Pagi selesai di lanjutkan dengan Halal Bi Halal saling bersalaman sambil bermaaf-maafan. Tak ketinggalan, mereka bersalaman dengan Bapak Ibu Guru dan karyawan sekolah. Para guru dan karyawan melakukan Apel dan dilanjutkan halal bi halal di halaman bersama Seluruh Peserta Didik.

Tujuannya guna menumbuhkan rasa kebersamaan, melalui kegiatan halal bihalal juga dinilai dapat menjadi momentum penyempurna amal ibadah dibulan yang fitri. Kita berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan tidak hanya sekedar menjadi kegiatan se-cermonial semata.

Halal bihalal ini menjadi ajang silahturahmi di bulan syawal yang penuh berkah, dan kegiatan ini juga sudah menjadi salah satu agenda rutin yang dilaksanakan. “Dengan kegiatan ini kita berharap dapat meningkatkan hubungan silahturahmi keluarga besar SMP Negeri 2 Kandat.

Semua peserta didik dan tenaga pengajar larut dalam suasana gembira setelah usai libur sekolah dan merayakan Idul Fitri. Tidak sedikit yang meneteskan air mata saat kegiatan salam-salaman tersebut.

Dalam perjalanan hidup manusia, katanya, pasti ada dosa dan kesalahan. Dosa yang paling sering dilakukan adalah terhadap sesama teman sekolah dan guru di kelas seperti iri hati dan tidak sengaja menyakiti hati teman. Halal bihalal dilihat dari sisi silaturahim bisa menjadi perantara untuk memperluas rezeki dan memperpanjang umur. Dalam sebuah hadits Nabi SAW bersabda,

"Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah bersilaturahim."


Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang harus dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan dan saling berbagi kasih sayang di bulan Syawal.




Foto : Anggun Tri Cahyaningtyas, SIIP.


Spendaka Jaya..
Jayalah Spendakaku..





iklan banner

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang