NGBdMqJaNaFbNatdMWVbLWR4MDcsynIkynwbzD1c

BERANI BERMIMPI MERAIH CITA-CITA

BLANTERLANDINGv101
1606433523804128295

BERANI BERMIMPI MERAIH CITA-CITA

Selasa, 25 Januari 2022
BERANI BERMIMPI MERAIH CITA-CITA
Selasa, 25 Januari 2022

Impian atau dream lebih kita kenal dengan istilah cita-cita. Cita-cita cenderung ke profesi pekerjaan. Impian, dream, cita-cita merupakan segala bentuk harapan dan keinginan kita. Baik itu berupa pekerjaan/profesi, atau materil, atau yang abstrak sekalipun.

Maria Nofaola, M.Psi., Psikolog pernah melakukan riset kecil terhadap siswa SMP di tahun 2008. Dia pernah bertanya, “Apa impian kamu?”, kepada anak-anak SMP. Respon mereka, langsung melihat teman ke kiri dan ke kanan, seperti kebingungan. Lalu, dia betanya lagi, “Cita-cita kamu apa?”. Mereka tetap masih bingung, meski beberapa menjawab dengan menyebutkan nama-nama profesi, seperti guru, polisi, pedagang. Itu pun hanya beberapa orang saja yang dapat menyebutnya dengan mantab. Akhirnya, rasa keprihatinannya terhadap generasi muda ini mendorong saya memberikan pelatihan mental tentang impian dan cita-cita. Dia tahu bahwa tugas ini tidak ringan. Dia harus membuka pikiran anak-anak SMP bahwa mereka butuh impian dan cita-cita supaya mereka punya arah hidup. Setelah lulus sekolah mau apa. Kalau ingin jadi A, B, atau C, apa yang harus mereka lakukan. Jika mau menjadi dokter, pelajaran apa yang harus ditekuni.

Kita memang tidak terbiasa dengan dengan istilah impian. Bahkan beberapa orang mengartikan dream sebagai mimpi. Ya, jika diterjemahkan dari segi bahasa artinya memang mimpi. Namun, maknanya jauh lebih dalam dari yang dibayangkan orang.

Menurut ilmu psikologi, dream atau mimpi itu sendiri merupakan harapan-harapan atau keinginan-keinginan yang tersimpan ke alam bawah sadar manusia.

Mari meniru Hyvon Ngetich yang mencapai garis finish dengan cara merangkak. Dia terjatuh karena kondisi gula darah yang menurun. Dia menolak kursi roda yang disiapkan untuknya. Itulah salah satu contoh orang yang memiliki impian.



Manfaat dan Arti Penting Memiliki Mimpi

Mimpi itu milik siapa saja karena semua orang berhak punya mimpi dan mewujudkan impiannya. Mimpi memang tak selamanya jadi kenyataan, but the dreams will come true if we believe and we try. Mimpi bisa membuat kita bersemangat menjalani kehidupan, ketika kita yakin bisa mewujudkan impian itu dan terus mencoba dan mengubahnya menjadi nyata.

apa manfaatnya kalau kita punya mimpi?

Pertama,

Punya target dan tujuan yang hendak dicapai. Orang yang punya mimpi dan yakin bisa mewujudkannya pasti akan terus berusaha dan mencoba, sekalipun banyak hambatannya.

Kedua,

Dengan memiliki impian, kita belajar mengorganisasikan harapan, perencanaan, penyesuaian dengan kenyataan dan mengaplikasikan berbagai strategi dalam meraih impian tersebut. Berbagai bentuk kegagalan sejatinya merupakan berbagai bentuk strategi yang kita temukan untuk mencapai sebuah keberhasilan.

Ketiga,

Dengan memiliki impian, kita lebih bersemangat menjalani kehidupan,siap menghadapi masalah/risiko dan memiliki tekad/keyakinan untuk bisa meraih sesuatu yang diinginkan. So, jangan takut bermimpi karena mimpi bagian dari harapan yang hendak kita wujudkan, tentunya dengan bersikap realistis dan yakin akan kuasa Tuhan.

Mengapa Cita-cita itu Penting

  1. Cita-cita dan impian akan membantu kamu untuk selalu memiliki semangat untuk hidup, memiliki semangat juang dan untuk membantu kamu untuk selalu mengingat masih ada hal yang harus diraih. Belum waktunya untuk menyerah dan bersantai.
  2. Cita-cita bisa membantu orang untuk terhindar dari depresi. Memiliki tujuan hidup dapat membantu seseorang untuk selalu fokus dan tidak beranggapan bahwa dirinya tidak berarti.
  3. Cita-cita akan membuat kamu termotivasi untuk selalu berusaha setiap hari. Tidak ada batas usia untuk bermimpi. Cita-cita tidak mengenal batas usia selama kamu tahu apa yang ingin kamu lakukan. Selama kamu memiliki tujuan hidup yang jelas, maka kamu pasti akan bisa meraih impianmu.
  4. Cita-cita bisa mengubahmu menjadi orang dermawan dan murah hati. Saat kamu berhasil mencapai impian kamu, maka tanpa kamu sadari kamu sudah berbagi cerita, memberi harapan dan menjadi inspirasi bagi orang lain.
  5. Cita-cita dapat mengubah sudut pandang kamu menjadi lebih positif. Kamu akan fokus pada hal yang ingin kamu raih, dan perlahan melupakan hal negatif yang bisa menjadi penghalang.
  6. Cita-cita dapat menjadikan kamu sebagai orang yang mandiri. Melakukan usaha sendiri untuk meraih cita-cita, dan ketika tiba waktunya kamu berhasil meraih impian tersebut, kamu akan menjadi orang yang paling bangga dengan hasil kerja kerasmu sendiri.
  7. Cita-cita dan impian akan membawa kamu ke tujuan hidup yang lebih besar lagi. Bahkan orang paling sukses di dunia sekalipun, memulainya dari impian kecil lebih dahulu. Mengambil keputusaan dan mulai melangkah tahap demi tahap menuju impian dan harapan.
  8. Tanpa cita-cita, kamu tidak akan bisa ke mana-mana karena kamu tidak tahu harus melakukan apa. Cita-cita mampu membuat kamu termotivasi, terinspirasi, dan terus membantu kamu untuk meraih setiap tujuan yang ingin kamu capai.

Spendaka Jaya..
Jayalah Spendakaku..




iklan banner

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang