NGBdMqJaNaFbNatdMWVbLWR4MDcsynIkynwbzD1c

Selamat dan Sukses - Menjadi Finalis Kategori Kepala Sekolah Aprosiasi GTK

BLANTERLANDINGv101
1606433523804128295

Selamat dan Sukses - Menjadi Finalis Kategori Kepala Sekolah Aprosiasi GTK

Minggu, 26 Desember 2021
Selamat dan Sukses - Menjadi Finalis Kategori Kepala Sekolah Aprosiasi GTK
Minggu, 26 Desember 2021


Banyak definisi yang telah dirumuskan oleh para ahli mengenai apa itu ‘guru’. Salah satunya seperti pendapat Suparlan, 2005: 12 yang menyebutkan bahwa guru adalah orang yang tugasnya terkait dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam semua aspek, baik spiritual, emosional, fisikal, intelektual, maupun aspek-aspek lainnya. Guru adalah  seseorang yang diangkat secara resmi oleh pemerintah atau lembaga swasta. Mereka diangkat dengan sebuah surat keputusan yang memberikan tugas dan fungsi yang melekat padanya di suatu lembaga atau jenjang pendidikan tertentu.

MENJADI GURU ADALAH SEBUAH PENGABDIAN

Jika kita menilik definisi tersebut secara saksama, maka kita akan menyadari betapa mulianya tugas seorang guru. Ia adalah sosok yang mempunyai tugas sangat penting, yaitu  mencerdaskan kehidupan bangsa. Tugas ini bukan tugas yang ringan, karena “mencerdaskan kehidupan bangsa” di sini meliputi semua aspek kehidupan diantaranya aspek spiritual, aspek emosional, aspek fisikal, aspek intelektual maupun aspek-aspek lainnya. Tugas penting dan tidak ringan tersebut umumnya kita dapati di lapangan, telah dilakukan guru dengan penuh perasaan cinta, tanggung jawab, dan keikhlasan. Mereka melakukan pekerjaannya sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Menyadari akan mulianya tugas yang diemban seorang guru, maka profesi seorang guru menjadi sorotan di masyarakat, terlebih di saat ini.

Seorang guru dituntut untuk profesional dalam mengembangkan dan menyampaikan ilmu yang dimiliki kepada peserta didik dengan segala keterbatasan sarana dan situasi yang dihadapi di lapangan. Mereka dituntut untuk bekerja dengan kualitas yang baik yang dilandasi dengan rasa pengabdian, kecintaan terhadap profesi, kebiasaan melakukan refleksi diri, hingga semangat untuk terus belajar sepanjang hayat.

Sayangnya, masih kita jumpai  di lapangan, guru-guru masih mengalami berbagai kendala dalam mengembangkan diri dan kariernya. Kondisi mereka cukup memprihatikan. Mereka mengajar sambil terpaksa melakukan pekerjaan lainnya untuk mencukupi kebutuhan ekonomi. Pengabdian seorang guru seringkali bukanlah hal yang mudah dilakukan. Pengabdian seorang guru bahkan kadang-kadang harus diikuti dengan pengorbanan besar.

Pilihan hidup menjadi seorang guru apabila dilakukan dengan tulus ikhlas dan rasa cinta, maka akan membawa seseorang kepada kebahagiaan yang tentu tidak dapat dinilai dengan materi. Inilah modal terbesar yang akan membawa seseorang pada kesuksesan dalam menjalani profesi sebagai seorang guru: pengabdian. Apabila seorang “guru” tidak memiliki rasa pengabdian yang tulus di dalam dirinya, maka “guru” itu tidak akan dapat bertahan pada pekerjaannya, dan ia bukanlah seorang guru yang sebenarnya.


Selain Menjadi Guru Bapak. Wawan Sarudi, M.Pd. mempunyai Tugas Tambahan yaitu Menjadi Kepala Sekolah. Beliau Menjadi Kepala Sekolah di UPTD SMPN 2 Kandat. Setelah Menjadi Menjadi Kepala Sekolah Banyak Penghargaan Yang Telah Beliau Peroleh salah satunya menjadi Finalis Kategori Kepala Sekolah Aprosiasi GTK Tahun 2021.



Setiap Kepala Sekolah harus mampu berinovasi dan berpikir cerdas dalam melaksanakan tugas, sehingga proses belajar di sekolah berjalan sesuai harapan, Guru  dan siswa dapat mencapai prestasi terbaik. Baik Guru dan siswa mendapat tambahan ilmu dan pengetahuan yang baik, jika Kepala Sekolah  cerdas dan mampu memberi teladan yang positif.  

Bupati Kediri dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri melalui Dikdas memberi penghargaan kepada Kepala Sekolah, Guru dan Siswa berprestasi sebagai motivasi agar semua berlomba-lomba untuk memberikan prestasi terbaik. 

Kepala Sekolah lebih profesional melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. sehingga kinerja Kepala Sekolah  lebih baik lagi ke depan.

Melalui pemikiran Kepala Sekolah yang cerdas, diharapkan berdampak besar terhadap Guru dan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok. Bupati Kediri memberikan apresiasi dalam bentuk reward atau penghargaan sehingga dapat meningkatkan motivasi Kepala Sekolah, Guru serta Siswa Berprestasi.

Selamat dan sukses selalu Untuk Bapak WAWAN SARUDI, M.Pd. Semoga Penghargaan ini Menjadikan SMP Negeri 2 Kandat Menjadi Lebih Maju lagi. Amin.


Spendak Jaya..

Jayalah Spendakaku..




iklan banner

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang