NGBdMqJaNaFbNatdMWVbLWR4MDcsynIkynwbzD1c

PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS DI INDONESIA

BLANTERLANDINGv101
1606433523804128295

PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS DI INDONESIA

Selasa, 30 November 2021
PERKEMBANGAN BAHASA INGGRIS DI INDONESIA
Selasa, 30 November 2021



Bahasa Inggris Pada Masa Sekarang

Setiap negara mempunyai media komunikasi yang dapat meperlancar suatu hubungan antar individu. Alat komunikasi ini kita sebut bahasa. Bahasa Inggris adalah bahasa paling penting di dunia. Dimana bahasa Inggris merupakan bahasa utama di Britania Raya (termasuk Inggris). Jumlah penuturnya tersebar di seluruh penjuru dunia, baik sebagai bahasa pertama (first language), bahasa kedua (second language) atau bahasa asing (foreign language). Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris kedudukannya adalah sebagai bahasa asing. Bahasa Inggris merupakan bahasa asing terpenting yang dipelajari di Indonesia. Bahasa Inggris di Indonesia secara umum diajarkan sebagai bahasa asing. Istilah bahasa asing dalam bidang pengajaran bahasa berbeda dengan bahasa kedua. Bahasa asing adalah bahasa yang yang tidak digunakan sebagai alat komunikasi di negara tertentu di mana bahasa tersebut diajarkan. Sementara bahasa kedua adalah bahasa yang bukan bahasa utama namun menjadi salah satu bahasa yang digunakan secara umum di suatu negara.Sementara itu, bahasa asing biasanya diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dengan tujuan berkomunikasi dasar serta menguasai 4 skill berbahasa (menyimak, membaca, menulis, berbicara) dalam bahasa tersebut dalam batasan tertentu. Di Indonesia, kebijakan pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing berubah seiring waktu dan pergantian kebijakan yang kebanyakan dipengaruhi ekonomi dan politik.

Memasuki era globalisasi yang menuntut setiap individu untuk mempersiapkan sumber daya yang handal terutama di bidang IPTEK. Agar dapat menguasai teknologi dengan baik, diperlukan pengetahuan yang memadai sehingga kita dapat memanfaatkannya dalam menghadapi tuntutan dunia global yang sarat dengan persaingan.Dalam hal ini peranan bahasa Inggris sangat diperlukan baik dalam menguasai teknologi maupun berinteraksi secara langsung. Sebagai sarana komunikasi global, bahasa Inggris sudah semestinya dikuasai secara aktif baik lisan maupun tulisan. Sebagai bahasa pergaulan dunia, bahasa inggris bukan hanya sebagai media komunikasi global,bahasa inggris juga menjadi kebutuhan akademis yang penguasaannya pada aspek bahasa.

Bukan hanya itu, dengan dikembangkannya Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI) adalah sebagai bukti betapa pentingnya bahasa Inggris di sekolah. Diharapkan para siswa yang bersekolah di RSBI apabila ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, tidak akan mengalami kesulitan dalam proses belajar karena sudah terbiasa belajar dengan menggunakan bahasa pengantar dalam bahasa Inggris serta kurikulum yang juga diadopsi dari luar negeri.

Tujuan belajar bahasa Inggris secara umum adalah agar bahasa Inggris dapat digunakan dengan lancar sebagai media komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan dan juga tentunya dapat menguasai 4 skill berbahasa (menyimak, membaca, menulis, berbicara). . Yang termasuk dalam kelompok bahasa lisan yaitu menyimak/mendengarkan (listening) dan berbicara (speaking) sedangkan untuk bahasa tulisan adalah membaca (reading) dan menulis (writing).

Banyak orang kesulitan dalam menggali potensi di bidang bahasa inggris ini. Berikut ini adalah cara belajar bahasa inggris yang efektif :
Belajar bahasa memerlukan proses yang bertahap, dan umumnya tidak dapat dilakukan (dicapai) hanya dalam 1×24 jam.
Memiliki tujuan yang jelas untuk apa mempelajarinya.
Jadikan belajar sebagai kebiasaan. Biasakan belajar hal baru setiap hari. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit secara kontinyu, daripada belajar keras dua jam seminggu.
Berinteraksi dengan berbagai media yang menggunakan bahasa inggris.baik itu membaca teks berbahasa Inggris apakah itu koran, majalah, atau teks apapun, atau menonton film atau menyimak berita berbahasa Inggris. Lakukan ini setiap hari atau sesering mungkin.
Pilih bahan ajar yang baik. Bagaimanapun, kita tetap perlu belajar membaca, tata bahasa (grammar), menulis, berbicara, dan menyimak, sebagai satu kesatuan keterampilan berbahasa.
Lakukan proses belajar secara konstan.
Melaksanakan proses belajar yang bervariasi. Sebaiknya lakukan hal berbeda setiap hari agar membantu proses belajar empat bagian keterampilan berbahasa (baca, tulis, simak, bicara). Jangan terpaku pada satu aspek saja.
Belajar bersama-sama teman. Belajar bahasa secara berkelompok akan lebih menyenangkan dan memberi motivasi ganda.
Pilih materi belajar yang berhubungan dengan topik-topik yang diminati. Ini akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan, sehingga lebih efektif.



Hubungkan bahasa Inggris dengan kehidupan sehari-hari. Praktekkan secara aktif apa-apa yang sudah dipelajari. Terus berlatih. Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan suara yang lantang. Awalnya mungkin akan terdengar aneh, tapi ini sangat efektif untuk proses belajar.

Berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Menguasai grammar memang bagus. Tapi bisa berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan orang lain dalam bahasa Inggris, itu lebih bagus dan menyenangkan lagi.

Memanfaatkan Internet. Internet merupakan sarana belajar bahasa Inggris yang luar biasa lengkap, menyenangkan, dan mudah diakses. Bahasa adalah sebuah alat untuk berkomunikasi, sehingga cara terbaik belajar bahasa inggris adalah dengan membiasakannya.

Berikut adalah 7 cara mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris :
1. Menulis artikel bahasa inggris
2. Berbicara dengan teman
3. Menerjemahkan artikel bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia
4. Mengajar teman-teman lain
5. Membuka kamus bahasa inggris
6. Mendengarkan musik
7. Menonton film

Dengan menguasai bahasa Inggris secara aktif, kita akan merasa seakan-akan tidak ada lagi batas wilayah negara, dan dengan bangga tentu kita bisa melantunkan satu baris syair “And the world will be as one”. Konsep berfikir kita selama ini terlalu sempit dalam menyikapi arti belajar bahasa Inggris sebagai sebagai suatu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan nilai yang standar agar lulus ujian. Konsep berfikir sempit inilah yang kemudian membuat kita tidak mampu menciptakan rasa nyaman belajar, malas, ngantuk dan rasa lapar seringkali terasa pada jam pelajaran Bahasa Inggris dimulai. Untuk menghilangkan “penyakit kronis” itu, ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari pendidikan Bahasa Inggris :

Mampu meningkatkan pemerolehan bahasa.
Semakin banyak orang yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris maka akan semakin cepat pula proses transfer ilmu pengetahuan.
Menguntungkan dalam berbagai kegiatan (pergaulan internasional, bisnis, sekolah).
Dapat memperoleh dua atau lebih bahasa dengan baik.apabila terdapat pola sosial yang konsisten dalam komunikasi, seperti dengan siapa berbahasa apa, di mana berbahasa apa, atau kapan berbahasa apa.
Sangat baik untuk kondisi fisik dan kemampuan kerja otak.
Penguasaan bahasa Inggris sungguh berdampak sangat positif.

Dengan semakin banyak orang yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, maka akan semakin cepat pula proses transfer ilmu pengetahuan, karena banyak buku yang ditulis dalam bahasa inggris, penguasaan bahasa Inggris juga memiliki dampak positif dalam segala kegiatan sosial, dapat memperoleh banyak teman dan bahkan relasi bisnis.


Spendaka Jaya..
Jayalah Spendakaku..




iklan banner

BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang