Langkah terbaik bagi pemula adalah dengan mempelajari tutorial dasar dari Microsoft Word terlebih dahulu, karena nanti kalian akan jadi lebih mudah dalam mengoperasikan aplikasi pengolah kata produk Microsoft ini jika hal-hal dasarnya sudah ahli. Dengan adanya panduan dasar Microsoft Word yang mimin bagikan ini, semoga kalian paling tidak bisa untuk membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen di Microsoft Word dengan baik & benar.
1. Membuat Dokumen Baru
Ketika pertama kali menggunakan Microsoft Word, hal paling awal dan paling dasar adalah membuat dokumen baru.Cara membuat dokumen baru di Microsoft Word:
- Buka aplikasi Microsoft Word
- Di tampilan awal Microsoft Office Word, muncul berbagai pilihan template dokumen untuk dipakai. Untuk pemula, pilih saja Blank document untuk membuat dokumen baru di Word.
- Jika halaman Microsoft Word sudah terbuka dan ingin membuat dokumen baru lagi, pilih menu File, pilih New dan pilihlah Blank document. Untuk Ms Word 2007, tidak ada menu File, jadi caranya klik ikon Ms Office di pojok kiri atas pilih New, pilih Blank Document dan pilih Create.
2. Membuka Dokumen
Membuka dokumen di Microsoft Word juga merupakan hal dasar yang penting ketika kita ingin melihat ataupun mengedit kembali dokumen yang sebelumnya sudah pernah dibuat dan disimpan.
Cara membuka dokumen di Microsoft Word:
- Pilih File
- Klik Open
- Pilih Browse
- Pilih file yang mau dibuka
- Klik Open untuk membuka
- Kalian juga bisa memilih opsi Recent untuk memilih berbagai dokumen yang belum lama ini di buka di Word.
- Untuk membuka dokumen di Microsoft Word 2007 beda dengan versi yang lain, caranya dengan mengklik ikon Ms Office di pojok kiri atas, pilih Open, pilih file dokumen yang akan dibuka lalu klik Open.
3. Menyimpan Dokumen
Menyimpan dokumen sangat penting dilakukan sesudah kita membuat atau mengedit dokumen agar dokumen yang sudah dibuat tidak hilang ataupun bisa dibuka untuk diedit dikemudian hari. Cara menyimpan dokumen ada 2 yaitu dengan menggunakan Save dan Save As.
Cara menyimpan dokumen di Microsoft Word:
- Pilih File, pilih Save.
- Pilih tempat untuk menyimpan.
- Beri nama dokumen.
- Klik Save untuk menyimpan.
- Untuk menyimpan dokumen lama dengan nama baru, tinggal pilih File, pilih Save As, pilih tempat penyimpanan, beri nama dokumen lalu klik Save.
- Pada Ms Word 2007, tidak ada menu File, jadi caranya klik ikon Ms Office di pojok kiri atas pilih Save untuk menyimpan, atau Pilih Save As untuk menyimpan dokumen lama dengan nama baru.
4. Mengubah Jenis Font
Mengubah jenis font biasanya dilakukan untuk membuat dokumen agar sesuai dengan ketentuan pembuatan dokumen yang sedang dikerjakan misal saja dokumen tugas yang harus sesuai dengan ketentuan jenis font dan ukurannya.
Cara mengubah jenis font di Microsoft Word:
- Pilih menu Home.
- Pilih kolom yang tepat di bawah menu home, seperti dalam gambar di bawah.
- Pilih jenis atau tipe font sesuai keinginan.
- Untuk kata yang sudah ditulis, kamu perlu memblock tulisannya untuk mengubah fontnya, bisa dengan mouse, bisa dengan menekan tombol Ctrl + A di keyboard, lalu ganti fontnya.
- Selanjutnya untuk mengubah ukuran font, bisa diatur melalui kolom yang ada di sebelah kanan kolom jenis font. Ubahlah ukuran font sesuai kebutuhanmu. Pada semua versi Microsoft Word sebenarnya cukup menekan tombol kombinasi Ctrl + D dan nanti akan muncul jendela pengaturan Font. Pada jendela ini bisa kalian ubah jenis Font sampai ukurannya sesuai kebutuhan kalian.
5. Mengatur Margin
Cara mengatur margin di semua versi Microsoft Word itu sama, baik dari segi menu maupun tampilannya. Pengaturan Margin dibedakan jadi 4 bagian yaitu margin atas, margin bawah, margin kanan, dan margin kiri. Misalnya saya ingin mengatur margin dengan ukuran atas (top) 4 cm, bawah (bottom) 4 cm, kanan (right) 4 cm, dan kiri (left) 5 cm. Silahkan simak caranya berikut ini.
Cara mengatur margin di Microsoft Word:
- Pilih menu Layout
- Pilih Margin
- Klik Custom Margins
- Ubah ukuran margin sesuai kebutuhan. Misalnya berdasar ukuran tadi, ubah jadi: top 4 cm, bottom 4 cm, right 4 cm, dan left 5 cm.
- Kemudian klik OK, jika sudah.
0 comments